Home Crypto

Pinjam Uang di KUR BRI (Cara Mengajukan, Bunga Angsuran, Persyaratan, dll)

By Aan ID | pada 26 Januari 2021 | Pinjaman

Pinjam Uang di KUR BRI (Cara Mengajukan, Bunga Angsuran, Persyaratan, dll)
bri.co.id, pinjaman untuk usaha rakyat.


KUR BRI singkatan dari Kredit Usaha Rakyat Bank BRI adalah layanan kredit atau pinjaman dari PT. Bank Rakyat Indonesia. Layanan KUR BRI ini dibangun untuk membantu keuangan bagi para pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) guna memajukan atau mengembangkan usaha mereka.

Bank KUR merupakan sebuah program dari pemerintah Indonesia dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 2016. Ini sudah membantu lebih dari jutaan pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha kecil atau menengah mereka.

KUR BRI atau pinjaman modal usaha menjadi salah satu plafon yang paling diminati para pelaku usaha mikro, salah satunya karena memiliki suku bunga yang rendah, persyaratan yang mudah dan hingga limit yang cukup besar.

Keunggulan KUR BRI

Berikut ini beberapa keunggulan KUR BRI dibanding dengan pinjaman lainnya. Pinjam uang modal usaha di KUR sangat memuaskan.

  1. Limit Pinjaman Besar
  2. Melalui KUR BRI, kini kamu bisa meminjam uang hingga maksimal Rp 50 Juta dan juga minimum Rp 1 juta rupiah.

  3. Suku Bunga KUR Rendah
  4. Melalui platform pinjaman uang KUR BRI kamu bisa mendapatkan suku bunga yang rendah. Untuk suku bunganya cukup ringan hanya sekitar 6%pa.

  5. Jangka Waktu Panjang
  6. Berdasarkan pengalaman, KUR BRI menyediakan beberapa pilihan durasi pinjaman dengan jangka waktu yang fleksibel yaitu 6, 12, 18, 24 dan 36 bulan.

  7. Bebas Biaya
  8. Satu lagi yang menarik, mengajukan KUR BRI bebas biaya administrasi dan provisi. Artinya kamu tidak akan dikenakan biaya apapun selama mengajukan pinjaman KUR BRI.

Syarat Mengajukan KUR BRI

Berikut ini beberapa syarat-syarat penting untuk mengajukan pinjaman uang modal usaha UMKM di bank KUR. Pinjam uang persyaratan sangat mudah di KUR BRI.

  1. Individu (perorangan)
  2. Anda mengajukan KUR BRI dengan syarat perorangan atau individu dan bukan perusahaan atau organisasi. Ya karena pinjaman ini dikususkan untuk UMKM.

  3. Memiliki usaha yang telah berjalan minimal 6 (enam) bulan
  4. Syarat kedua, anda diharuskan memiliki unit usaha yang sudah berjalan minimal 6 (enam) bulan. Bagaimana jika saya tidak memiliki usaha? Baca selengkapnya...

  5. Sedang tidak memiliki pinjaman lain
  6. Anda diharuskan tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit.

  7. Tidak memiliki tunggakkan Kredit
  8. Anda diharuskan tidak sedang memiliki atau menunggak kredit dari perusahaan pinjaman lain termasuk BRI.

  9. Persyaratan administrasi
  10. Beberapa surat-surat atau dokumen yang perlu disiapkan, Identitas berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat ijin usaha (dapat berupa surat keterangan yang diterbitkan oleh e-commerce atau ride hailing).

Cara Mengajukan

Lalu bagaimana cara mengajukan di bank BRI? Dimak di bawah sini langkah-langkah lengkapnya! Berdasarkan pengalaman KursBank.net hanya perlu waktu 3 hari saja hingga dana KUR dicairkan.

  1. (Hari 1) Datang Ke Cabang BRI Terdekat
  2. Langkah pertama, kamu harus datang ke cabang BRI terdekat di kecamatan atau kota kamu.

  3. Bertemu Dengan Mantri BRI
  4. Setelah datang di cabang terdekat, langkah kedua yaitu mengajukan kontak untuk bertemu mantri pinjaman di cabang tersebut. Bisa minta bantuan ke petugas.

  5. (Hari 2) Survey Pinjaman
  6. Setelah bertemu dengan mantri, maka kamu akan mendapatkan jadwal untuk survey. Survey ini meliputi berbagai pertanyaan yang diajukan oleh pak mantri. Kamu harus menjawab dengan jujur atau sesuai keadaan.

    Beberapa pertanyaan saat suvey: Jenis Usaha, Lama Usaha, Jaminan Pinjaman, Kegunaan Uang Pinjaman, Pekerjaan, Validasi Skor Kredit OJK, Survey Lokasi Usaha, Survey Jaminan (BPKB Motor atau Mobil, Setifikat Tanah), Survey Rumah Kamu dan Data diri kamu.

  7. Data Data Perlu Disiapkan Saat Survey
  8. Berikut ini data yang perlu kamu persiapkan, biasanya setelah selesai survey, data ini diperlukan untuk mengajukan pinjaman. Meliputi Fotocopy KTP, Fotocopi KK dan Surat Janiman (bisa berupa BPKB Kendaraan Bermotor atau Mobil, dan setifikat tanah).

  9. Isi Surat Pengajuan Pinjaman
  10. Setelah Survey, surat-surat sudah kamu berikan dan sudah diterima atau lulus pinjaman oleh mantri. Maka kamu akan diberi selembar kertas yang harus kamu isi. Didalam surat ini yang harus kamu isi meliputi Nama Lengkap Kamu, Nama Ibu Kandung, Jenis Usaha Kamu, Lama Usaha Kamu, Penghasilah Bulanan Kamu, Alamat Kamu, Alamat Usaha Kamu, Tanda Tangan Kamu, Jumlah dan Durasi Pinjaman Yang Kamu Inginkan, Tanda Tangan Kamu dan Tanda Tangan dari Pak RT atau Pak Kepala Desa.

  11. (Hari 3) Kembali Lagi Ke Kantor BRI
  12. Setelah selesai mengisi Surat Pengajuan Pinjaman dan tandatangan dari Pak RT atau Pak Kepala Desa, maka langkah selanjutnya adalah datang lagi ke kantor BRI dan berikan surat perjanjian pinjaman tersebut ke Pak Mantri kamu, jangan lupa bawa KTP.

  13. Proses Pinjaman
  14. Langkah terakhir yakni proses pinjaman! Setelah Surat Pengajuan Pinjaman yang sudah ditandatangani Pak RT atau Pak Kepala Desa sudah kamu berikan kepada pak mantri, maka kamu akan diarahkan ke CS.

    Tunggu hingga nama kamu dipanggil, proses pinjaman ini nggak jauh beda dengan survey pertama tadi. Tapi jangan khawatir, proses gak terlalu rumit, mungkin hanya perlu 15 menit saja hingga kamu menyetujui dan mendatangani perjanjian pinjaman.

  15. Proses Pencairan
  16. Setelah proses pinjaman melalui CS tadi sudah selesai dan data data sudah lengkap atau sudah di acc, langkah terakhir yakni pencairan dana. Kamu akan diberi selembar kertas oleh CS, tunggu hingga nama kamu dipanggil oleh Teller. Setelah dipanggil Teller maka kamu akan dijelaskan sedikit tentang jumlah pinjaman, angsuran bulanan, tempat pembayaran angsuran, tenor dan pencairan dana antara cash dan masuk ke rekening. Jika tidak punya rekening BRI maka kamu akan dibuatkan pada saat proses pinjaman bersama CS. Dan Clear, dana kamu cair, kamu akan diberi buku pinjaman.

Proses KursBank.net saat mengajukan pinjaman modal usaha di KUR BRI hanya 3 (tiga) hari saja. Namun dalam kasus tertentu proses pinjaman bisa memerlukan waktu yang lebih lama, namun rata rata dana cair jika data kamu valid paling 3 hari aja.

Cara Agar di Acc KUR BRI

Kur BRI disediakan hanya untuk pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Jika bapak dan ibu ingin mengunakan dana KUR untuk kebutuhan lain semisal Ekonomi, Transportasi, Sosial atau biaya Sekolah. Sangat sulit akan diterima untuk mengajukan KUR BRI. Tapi jika tetap ingin mendapatkan pinjaman KUR BRI, bapak dan ibu harus memiliki usaha yang berjalan minimal 6 bulan dan memiliki jaminan berupa (BPKB Kendaraan Bermotor atau Mobil, dan setifikat tanah).

Tidak memiliki Pinjaman di tempat lain. Nah agar pinjaman kamu diterima, jangan sampai kamu memiliki tunggakan di tempat peminjaman lainnya seperti FIF, Adira, Pinjol (Pinjaman Online) atau pinjaman lain yang sudah terdaftar di OJK. Karena setiap pinjaman yang diawasi oleh OJK, data kamu tercatat disana, jika ada tunggakkan, ini akan mempersulit pinjaman kamu.

Apakah Bisa Mengajukan KUR BRI Online?

Ya, berasarkan catatan dari situs resmu KUR BRI, kur.bri.co.id, kini kamu bisa mengajukan pinjaman modal usaha secara online melalui website mereka. Silahkan buka halaman berikut ini https://kur.bri.co.id/ lalu klik Ajukan Pinjaman KUR. Selanjutnya ikuti langkah-langkahnya.

Kontak BRI

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
Gedung BRI, Jl. Jenderal Sudirman Kav.44-46, Jakarta 10210, Indonesia
Telp: 14017 / 1500017
Email: [email protected]

BRI sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan LPS (Lembaga Penjamin Pinjaman). Artinya pinjam KUR melalui BRI terjamin keamananya karena sudah diawasi oleh OJK dan LPS.

Baik, mungkin hanya itu saja yang bisa KursBank.net sampaikan, jika ada pertanyaan jangan ragu untuk memberi komentar melalui kolom komentar di bawah ini.



Latest Posts