Home Crypto

8 Tempat dan Cara Tukar Uang Asing ke Rupiah di Bank BRI

By Aan ID | pada 25 Januari 2021 | Keuangan

8 Tempat dan Cara Tukar Uang Asing ke Rupiah di Bank BRI
bri.co.id


Punya mata uang asing dan ingin menukarnya menjadi rupiah Indonesia? Mungkin 8 tempat penukaran mata uang asing ini bisa membantu keuangan kamu.

Mata Uang Asing merupakan mata uang yang dipakai di negara tetangga atau selain Indonesia. Mata uang asing secara harfiah memang tidak dapat dipakai untuk transaksi di Indonesia.

Maka dari itu, kita harus menukar mata uang asing yang kita miliki ke tempat penukaran mata uang terlebih dahulu ke Rupiah Indonesia agar bisa digunakan untuk belanja di Indonesia.

Sebenarnya ada puluhan hingga ratusan tempat penukaran mata uang asing di Indonesia seperti contohnya melalui Bank BRI. Bagaimana cara tukar uang asing di BRI? Simak dibawah ini prosedur tukar uang di BRI.

Cara Tukar Uang Asing di BRI - Money Changer

  1. Datang Ke Cabang BRI Terdekat
  2. Untuk menukar ke bank BRI, kamu harus datang langsung ke cabang BRI terdekat di Kota Kamu.

  3. Tanya ke Petugas
  4. Setelah itu, tanya kepada petugas bank BRI atau biasanya pak satpam. Tanyakan apakah cabang yang kamu datangi tersebut melayani penukarang mata uang asing "banknotes" (uang kertas) atau Money Changer. Karena layanan Money Changer hanya tersedia di cabang tertentu saja, kamu wajib menanyakan ini. Jika tidak mendukung maka kamu akan diberi alamat cabang BRI terdekat yang bisa menukarkan mata uang asing.

  5. Isi Nota Penjualan
  6. Jika cabang tersebut mendukung penukaran mata uang asing, maka kamu akan diberi nota penjualan. Didalam nota tersebut berisi Banknotes (uang kertas), Valas (mata uang valas), jenis mata uang asing (isi mata uang asing kamu, misal USD (dollar amerika), HKD (dollar hongkong) dan lain sebagainya) lalu ini jumlah uang asing yang kamu miliki.

  7. Ambil Antrian Teller
  8. Setelah selesai mengisi nota penjualan, langkah berikutnya adalang mengambil antrian teller dan tunggu hingga antrian kamu dipanggil.

  9. Tukar Uang Asing Kamu
  10. Setelah dipanggil oleh teller, tinggal siapkan saja mata uang asing kamu maka akan dihitung dan di cek kelayakan mata uang asing kamu.

Beberapa hal ini mungkin akan mengurangi nilai atau harga mata uang asing kamu, bahkan uang asing yang kamu miliki tidak laku dijual. Namun di bank BRI mendukung mata uang asing dalam kondisi apapun.

  1. Uang Tertekuk
  2. Uang Sobek
  3. Uang Lecet
  4. Uang Pudar
  5. Uang Lusuh

Oh iya, BRI kini mendukung penukarang uang asing jenis AED, AUD, BND, CAD, CHF, CNY, DKK, EUR, GBP, HKD, INR, JPY, KRW, MYR, NOK, NZD, PGK, PHP, SAR, SEK, SGD, THB, TWD, USD dan VND. Untuk melihat kurs jual dan beli terbaru bisa cek disini https://bri.co.id/kurs-detail.

Selain di bank BRI, berikut ini 8 tempat pemukaran mata uang asing Banknotes (uang kertas) dan Valas di Indonesia.

  1. BRI Money Cahanger
  2. BNI
  3. BCA Exchange
  4. Mandiri
  5. Maybank
  6. BTN Money Changer
  7. Dua Sisi Money Changer
  8. Cari di Google Map "Money Changer Terdekat"

Terkadang layanan Money Changer seperti ini sering ditemukan di Bandara atau Bandar Udara terdekat seperti Juanda Surabaya, Ngurah Rai Bali dan lain sebahgainya. Jadi jika kamu dari luar negeri atau hendak ke luar negeri bisa langsung menukar mata uang asing kamu.

Kesimpulan

Untuk menukar mata uang asing, hal-hal penting kamu lalkukan adalah menjaga kualitas uang asing yang kamu miliki, hindari seperti robekan, tertekuh hingga basah karena ini bisa mengurangi harga uang asing kamu.

BRI Money Changer adalah layanan jual beli uang kertas asing (Banknotes) yang didirikan oleh Bank BRI. BRI Money Changer melayani penukaran mata uang utama dunia dan exotic currency.



Latest Posts